$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Sudjiwo Tejo: Aku Tidak Mengucap Turut Berduka Cita Bila Ada yang Meninggal

PELITANEWS.CO - Baru-baru ini, Sudjiwo Tejo membuat cuitan yang cukup menarik banyak atensi para pengguna media sosial Twitter dan Instagra...


PELITANEWS.CO
- Baru-baru ini, Sudjiwo Tejo membuat cuitan yang cukup menarik banyak atensi para pengguna media sosial Twitter dan Instagram. 

Sudjiwo Tejo menuliskan buah pemikirannya mengenai ucapan 'turut berduka cita' yang menurutnya kurang tepat diucapkan saat ada orang yang meninggal dunia.

"Banyak ucapan 'turut berduka cita' hari ini. Tapi aku cari-cari hubungannya dengan 'Innã liLlãhi wainnã ilaiHi rãji'n' kok nggak ada ya? Bukankah ini esensinya cuma pengakuan bahwa kita 'dari Tuhan kembali ke Tuhan'? Apakah kematian itu duka cita? Jangan2 kehidupan ini yg duka cita?" tulisnya di akun @sudjiwotedjo (10/1/2021).

"'O nggak, Mbah. Turut berduka cita di situ bukan untuk yang meninggal, tapi untuk yang ditinggalkan. Kami tahu meninggal itu suka cita karena kembali ke Tuhan.' Lho? Bukankah yang ditinggalkan juga harus dibesar-besarkan hatinya bahwa kematian bukanlah duka cita sehingga manusia gak tergila-gila dunia?"

Menurut Sudjiwo Tedjo, mengagungkan kehidupan dunia dan menghembuskan bawah sadar bahwa kematian adalah duka cita telah membuat manusia secara tak sadar mengejar dunia, bahkan kalau perlu melakukan korupsi dan aksi tipu-tipu.

"'Jadi mayat-mayat ini gak perlu dicari?' Ya tetap harus dicari! Tp tidak utk didukacitai. Banyak tradisi asli Nusantara yang tidak mendukacitai kematian. Dulu mereka datang layatan tidak dengan baju hitam-hitam, tapi warna warni. Ada yg melawak, menari dan lain-lain. Entah siapa yang bawa paham baru ke Nusantara bahwa kematian adalah duka cita dan dunia ini segalanya," ucap Sudjiwo Tejo.


Pada akhir cuitannya, Sudjiwo Tedjo mengatakan bahwa ia sudah lebih dari 10 tahun tidak mengucapkan turut berduka cita saat ada orang meninggal dunia. Ia mengganti ucapan itu dengan kalimat 'selamat jalan'.

"Udah 10 tahunan lebih ini aku berusaha kembali ke tradisi untuk tak mengucap 'turut berduka cita' kalau ada yang meninggal. Cuma kuucapkan 'Met jalan Pak/Bu Anu ... Sampai jumpa.. #utangRasa.'"

Cuitan Sudjiwo Tejo tersebut mendapat beragam respons dari netizen.

"Quite mbah @sudjiwotedjo mengingatkan tradisi kearifan lokal Budaya Toraja. Kematian di Tanah Toraja, lebih meriah daripada acara pernikahan. Hanya bentuk kesyukuran dan ucapan terimakasih kpd yg meninggal. Karena yg Meninggal telah pergi ke tempat yg abadi," tulis netizen.

"Ya.. itu perspektif masing-masing aja sih mbah.. Si mbah boleh punya perspektif spt itu. Ada jg yg berperspektif bahwa knp bersedih/berduka cita adlh apakah kelak saat kita yg mati nnt sdh cukup "bekal" nya," komentar netizen yang lain.

S:mata mata


Nama

Article,47,Berita,1785,Contact,3,Insight,7,Internasional,10,Nasional,1789,News,18,Opini,5,Tips,8,Tips & Trick,3,Tutorial,3,
ltr
item
Pelitanews.co: Sudjiwo Tejo: Aku Tidak Mengucap Turut Berduka Cita Bila Ada yang Meninggal
Sudjiwo Tejo: Aku Tidak Mengucap Turut Berduka Cita Bila Ada yang Meninggal
https://1.bp.blogspot.com/-2u52PoaoTy0/X_u_gtwlvZI/AAAAAAAAFC0/oj3LT8Ep9UcCB3hLudAUo0RI2plbVqmOACLcBGAsYHQ/w640-h412/Screenshot_2021-01-11-09-57-30-59.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2u52PoaoTy0/X_u_gtwlvZI/AAAAAAAAFC0/oj3LT8Ep9UcCB3hLudAUo0RI2plbVqmOACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h412/Screenshot_2021-01-11-09-57-30-59.jpg
Pelitanews.co
https://www.pelitanews.co/2021/01/sudjiwo-tejo-aku-tidak-mengucap-turut.html
https://www.pelitanews.co/
https://www.pelitanews.co/
https://www.pelitanews.co/2021/01/sudjiwo-tejo-aku-tidak-mengucap-turut.html
true
4426408432908953892
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy